Jumat, 13 Desember 2019

Creative Digital

Creative Digital





Materi ini disampaikan oleh coach Wahyu Blahe sebagai seorang pakar di dunia internet marketing. Saya pertama kali bertemu dengan coach wahyu pada tahun 2018 di kantor RKB Lubuk Pakam. Pada saat itu coach Wahyu mengajarkan materi Google Bisnisku. Saat itu saat juga kebetulan sudah ada website dari googe, yaitu www.yuliahomebakery.business.site.

Pada saat yang sama saya bertemu kak Devi Drea yang telah memberikan informasi tentang WUDS.
Berbicara digital marketing bararti berbicara tentang internet. Digital yang dimaksud adalah teknologi informasi dengan menggunakan jaringan internet yang dapat menghubungkan kita dengan jutaan orang melalui media internet, dari berbagai belahan dunia.

Selain website, media sosial sangat powerfull dijadikan sebagai media promosi diera terbuka saat ini. Akses informasi sangat mudah diakses oleh semua orang dengan modal kuota internet baik melalui laptop, tab maupun gedget di genggaman tangan. Semua kemudahan ini menjadi pasar yang tadinya offline kini berubah menjadi online.

Artinya kita dapat membuka usaha tanpa harus ada tempat khusus. Yang penting kita ada produk, dan otomatis langsung bisa kita pasarkan. Begitu bamyak media transportasi online di era digital saat ini yang memudahkan UMKM untuk eksis meskipun dengan modal terbatas.

Akhir Juli 2019 kemarin saya baru saja meminta bantuan teman untuk membuatkan Website dengan sejumlah nominal. Biaya itu diperuntukkan selain biaya pembuatan website dan juga biaya domain dan hosting selama satu tahun.
Coach Wahyu Blahe yang seorang guru  SEO sedikit banyak juga mengajarkan kami Search Engine Optimilization (SEO).

Ditahun 2018 saya juga sering ikut kelas gapura digital untuk belajar internet marketing. Karena saya selain menyukai komputer, saya juga menyadari saat ini merupakan era digital. Mau tidak mau sebagai pengusaha kita harus terintegrasi didalamnya.

Seperti kita kehahui bersama fenomena banyaknya usaha offline yang gulung tikar karena keagresifan pengusaha online yang semakin menggurita.

Dipendampingan wirausaha unggulan bank Indonesia juga sangat di tekankan agar kami dapat masuk ke dalam bisnis online. Usaha Online tidak perlu toko yang strategis ditengah kota yang biasa sewanya sangat fantastis. Biaya sewa yang begitu besar saat ini dapat dialokasikan untuk modal.

Dengan adanya media sosial banyak bermunculan pengusaha-pengusaha baru yang hanya dengan memiliki ide usaha mereka bisa langsung buka usaha. Saya merupakan salah seorang dari pengusaha yang berawal dari media sosial.

Namun, banyak juga diantara pengusaha online yang tidak berjalan lama. Hal tersebut terjadi karena kurang kuatnya motivasi awal dalam menjalankan bisnis tersebut.

Saya juga pernah ikut kursus Online,  Sekolah Bisnis Online seharga 400 ribu rupiah. Disana kita juga banyak diajarkan tentang bisnis online. SBO yang di gawangi oleh Muri Handayani penulis buku emak-emak jago jualan, juga owner bisnis hijab yang sudah sukses di dunia Online.

Banyak yang telah saya investasikan dalam menjalani usaha ini. Walaupun terlihat lambat saya dengan pasti terus menyusun strategi agar usaha ini dapat benar-benar berjalan sesuai sistem yang akan saya susun nantinya. Saat ini saya mempunyai website www.yuliahomebakery.com dan blog www.yuliahomebakery.blogspot.com .

Selain itu saya juga sudah memiliki media sosil untuk usaha yaitu www.facebook.com/Yuliahomebakery selain facebook pribadi. Dan juga media instagram untuk usaha www.instagram.com/yuliahomebakry. Selain itu saya juga sudah mempunyai channel youtube, www.youtube.com/yuliasafitri.

Walau begitu masih banyak PR yang saya miliki untuk mengoptimalkan dari keberadaan media sosial dan internet marketing ke depannya. Semoga saja di pendampingan nanti saya dapat mempelajari lebih baik lagi mengenai Digital marketing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar