Selasa, 10 Desember 2019

Visi Misi

Visi Misi


Setelah prosesi perkenalan kami langsung masuk ke Materi. Materi pertama kali yang diberikan adalah VISI MISI. Bagi saya pribadi ini merupakan materi dasar sebelum masuk ke Strategi dan taktik.

Materi visi misi merupakan fundamental dalam membangun usaha. Meraih impian dan tujuan kita secara pribadi maupun perusahaan. Kalau dahulu saya sewaktu di Kampus dan HMI sering berkata jika kampus dan organisasi adalah laboratorium kehidupan.

Saat ini saya merasakan betul atmosfer dunia nyata yang kadang tidak mengenal kata salah. Saat ini saya berhadapan dengan sebuah kenyataan yang semua memiliki konsekuensi terhadap sebab akibat.

Namun sebagai insan akademis. Belajar bukan hanya di kampus yang dibatasi ruang dan waktu. Bagi kami setiap tempat adalah sekolah dan setiap orang adalah guru. Oleh karena itu proses belajar tidak pernah berhenti dari ayunan hingga liang lahat. Dan karakter pembelajar sudah sewajarnyalah dimiliki oleh setiap para pengusaha yang ingin terus maju dan berkembang.

Visi dari hidup sata pribadi tidak jauh dari tujuan organisasi yang selama ini membesarkan saya yaitu HMI. Terwujudnya Masyarakat Adil dan Makmur Yang diRidhai oleh Allah SWT. Ini merupakan nafas saya dimanapun, kapanpun dan apapun kondisinya. Semoga Allah memudahkan saya dalam mewujudkannya.

Visi Misi dalam usaha dapat terbentuk atas bagaimana kita ingin dipandang orang lain. Atau peran dan kontribusi apa yang ingin kita berikan pada lingkungan baik secara sempit maupun secara universitas dan holistik. Itu semua dapat dituangkan dalam visi misi usaha kita. Itu itu menjadi rule atau jalan dalam kita menjalani usaha kita.
Kalaupun awalnya usaha kita diawali dengan ketidaksengajaan, jika kita ingin mengembangkan usaha kita, visi misi ini merupakan syarat awal dalam kita memulai usaha. Ibarat semua perbuatan diawali dengan niat, visi dan misi adalah niat kita dalam menjalni usaha. Agar ketika kita kehilangan mood atau energi dipertengahan jalan kita kembali kepada niat awal sehingga kita kembali bersemangat.

Dengan adanya visi misi membuat segalanya lebih jelas sebagai pedoman kita untuk melangkahkan kaki di pijakan yang jelas sehingga kita tidak banyak mengeluarkan energi dalam try and error dalam menemukan apa yang kita ingin raih di dunia yang sangat singkat ini.
Kita ingin dikenal sebagai siapa dan peran apa yang dapat kita berikan pada semesta sebagai balasan kita telah diberikan oksigen, makanan, dan kebahagiaan lainnya yang membuat kita bisa hidup sampai saat ini. Berbicara tentang hidup kita berbicara apa yang telah kita dapatkan dan apa yang telah kita berikan. Atau sebaliknya apa yang kita berikan dan apa yang kita dapatkan. Disinilah kita berbicara tentang keseimbangan horison yang membuat semesta bertahan hingga sekarang.

Jika manusia serakah, hanya ingin menerima saja tanpa mau memberi maka tunggulah kehancuran yang tidak lama lagi akan terjadi. Nilai dari prinsip hidup kita akan mempengaruhi visi misj hidup dan juga usaha kita secara tidak langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar