Selasa, 10 Desember 2019

Kepemimpinan

Kepemimpinan


Di materi kepemimpinan ini saya mendapatkan banyak sekali pengetahuan. Menjadi seorang wirausaha otomatis menjadi sorang pemimpin bagi anggota tim di perusahaan kita. Menjadi seorang pemimpin berarti kita harus dapat memberi pengarahan, motivasi, perintah, delegasi tugas dan tauladan pada setiap anggota tim kita.

Dalam kamus bahasa Indonesia pemimpin artinya orang yang dapat mempengaruhi orang lain dalam mewujudkannya visi misi dari sebuah organisasi yang dipimpin. Ada beberapa sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu:
1. Apresiasi
2. Strategi
3. Humanity
4. Komitmen
5. Tanggung jawab
6. Integritas
7. Mendengarkan
8. Kejujuran
9. Komunikasi
10. Nilai
11. Tujuan
12. Pembeda
13. Passion
14. Prinsip

Banyak yang bertanya kepemimpinan apakah suatu bakat yang dilahirkan atau dapat dipelajari. Dalam Al-quran sendiri dikatakan, kita semua adalah pemimpin yang bertanggung jawab atas apa yang menjadi tanggungan kita. Setiap suami bertanggung jawab atas keluarganya, dan seorang istri bertanggung jawab terhadap anak dan harta suaminya.

Ada banyak argumen mengenai hal kepemimpinan. Namun memang banyak orang-orang yang memiliki bakat kepemimpinan yang merupakan bawaan lahir seperti Rasulullah. Seperti kita ketahui dilahirkan sebagai seorang yatim dan pada usia lima tahun ditinggal oleh ibu dan menjadi seorang yatim piatu. Artinya memang Rasulullah dilahirkan memang sebagai seorang pemimpin yang dimana cirinya dari awal kehidupannya dipenuhi dengan perjuangan.

Bagi seorang muslim sudah sepantasnya saya mengidolakan kepemimpinan Rasulullah yang pengaruhnya sangat besar dalam peradaban manusia. Dan kepemimpinan Rasulullahpun telah diakui oleh dunia. Seorang penulis telah menyebutkan dalam bukunya 100 tokoh yang berpengaruh di Dunia, dan nama Nabi Muhammad menempati urutan nomor satu. Itu artinya kepemimpinan Rasulullah sudah sangat pantas kita tauladani.
Ada empat sifat Rasulullah yang sudah diketahui sejak kita duduk di sekolah dasar yaitu:
1. Amanah
2. Fatonah
3. Siddiq
4.Tabligh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar