Minggu, 05 Januari 2020

D. I. Y ( Do It Yourself )

Sejak mendapatkan tugas menulis buku minimal 100 lembar dari tim coach Imuts Pelatih Indonesia dalam agenda pendampingan WUBI Batch 3 KPW Sumatera Utara, saya mulai rajin membaca buku lagi. Dengan membaca inspirasi untuk menulis lebih mudah, dan kaya akan ide-ide dari penulis lain.

Tanggal 30 Desember kemarin saya kembali ke perpustakaan untuk mengembalikan buku dan meminjam buku lainnya. Seperti itulah kegiatan saya selama 2 minggu sekali saya sempatkan untuk berkunjung ke perpustakaan wilayah bersama Ali. Biasanya ditemani ayah Ali juga, namun karena harus mengganti plat maka ayah Ali tidak bisa bergabung bersama kami.

Dalam kesempatan ini saya mendapatkan buku bagus judulnya Shiffting yang ditulis oleh Renald Kasali yang merupakan Dosen di Universitas Indonesia dan pemilik Rumah perubahan yang juga sering membuat pelatihan bagi para pengusaha.

Saya sering membaca tulisan-tulisan Renald Kasali sejak duduk dibangku kuliah, jika tidak ada jadwal kuliah di perpustakaan Universitas Syiahkuala Banda Aceh.

Dibuku ini banyak menceritakan bagaimana peralihan industri, yang tadinya konvensional sekarang beralih ke dunia digital. Bagaimana perusahaan platform hari ini mendiatrupsi perusahaan-perusahaan raksasa. Adapun usaha platform tersebut notabenenya starup dengan kapital dan SDM yang sangat minim.

Terlepas dari itu semua ada satu tulisan yang selama ini saya coba tanya dalam batin saya, jauh dari sebelum membaca buku ini. Apa itu D. I. Y?  Singkatan ini sering sekali saya temui ketika menonton channel youtube.

Dan kemarin saat kakak saya Lisa dari Lhokseumawe mengajak jalan-jalan ke center point, dilantai paling atas saya lupa ada berapa lantai center point. Ada store Mr D. I. Y, saya ingin bertanya pada kasir apa arti D. I. Y tapi sangat berat.

Dan jawaban itu saya temukan saat saya membaca buku Renald Kasali dengan judul Shiffting. Pada Bab pertama yaitu dihalaman me 19 disana ada dibahas D. I. Y.

Ternyata D. I. Y adalah singkatan dari Do It Yourself. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar