Jumat, 10 Januari 2020

Internet Marketing


Salah satu materi yang disampaikan pada saat Bootcamp Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI)  Batch 3 di Hotel Mutiara Berastagi adalah Internet marketing atau sering juga dikatakan digital marketing. Materi ini sudah lama saya dengar. Bahkan sejak duduk di bangku kuliah saya sering membaca materi ini. 

Sebagai seorang alumni mahasiswa matematika bidang komputasi tentu sangat akrab dengan internet. Pada saat semester satu atau dua saya udah sering buat website sendiri dengan aplikasi front page dari Ms. Office. Bahkan saya juga sudah mendaftar di domain free, saya lupa apa nama domainnya. 

Bagi saya internet suatu kebutuhan sedari dulu. Saya masih ingat sewaktu saya surat-suratan dengan banyak teman. Tidak sabar menunggu balasan email. Sebagai mahasiswa saya tau, tempat-tempat yang menyediakan internet gratis. Pertama di perpustakaan universitas Syiahkuala dan yang kedua di perpustakaan Wilayah. Saya selalu pergi sendiri ke perpustakaan selain membaca buku juga mencari internet gratis. 

Namun, saat ini kami di WUBI banyak belajar bagaimana cara menggunakan internet untuk marketing baik dari website atau blog juga media sosial baik facebook, instagram, whatsapp dan juga Youtube. Pemanfaatan internet ini lebih di specifikkan lagi untuk memasarkan produk. 

Tentu ilmunya lebih berkembang dari dari ilmu sewaktu dibangku kuliah. Namun, karena saya hobby belajar dan dari dulu akrab dengan internet. Materi ini menjadi lebih menarik dan cepat saya kuasai. Hanya saja dalam pelaksanaannya masih kurang disiplin sehingga kurang optimal dalam membangun usaha yang lebih profesional. 

Dalam materi ini juga sangat berkaitan dengan Copywriting yang akan menjelaskan bentuk tulisan yang akan digunakan sebagai iklan atau promosi agar para pembaca tidak merasa dijuali dari produk kita. 

Ini lebih menarik lagi karena berkaitan dengan ilmu menulis. Tidak rugi saya mengikuti kuliah selama satu tahun di Muharram Jurnalisme College sewaktu selesai dari matematika. Saya juga pernah bekerja di Radio sebagai pembawa acara, pembaca berita dan juga sebagai wartawan radio. 

Ada benang merah antara pengalaman saya sewaktu sekitar 15 tahun yang lalu. Ini membuat saya semakin bergairah dalam mewujudkan impian saya menjadi pengusaha bakery sukses yang juga memiliki sekolah bisnis bakery nantinya. Semoga Ilahi Rabbi memudahkan jalan kami. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar