Kamis, 09 Januari 2020

Target Pasar

Selama ikut program wirausaha unggulan bank Indonesia, aku kok jadi rajin nulis ya? Ini pasti efek dari Home Fun menulis Buku 100 lembar. Jadi apa-apa semuanya pingin jadi tulisan biar dapat 100 lembar halaman.


Selain ikut program WUBI, aku juga lagi ikut kuliah online dari Sekolah Bisnis Online (SBO) yang diasuh oleh Muri Handayani. Kali ini aku ikut kelas internet marketing, ini merupakan kelas kedua setelah kelas utama yang aku ikut pada bulan april 2017.

Kok, ga cukup-cukup sih belajarnya? Kan udah sarjana?. Kalau ada yang nanya gitu, maka aku jawab hobby aku belajar, yang bayar aja aku ikut apalagi ada yang gratis. Jika yang offline aja aku ikut apalagi yang online.


Nah, ceritanya aku lagi dapat tugas dari SBO. Tugasnya adalah buat target pasar. Dalam target pasar kita harus menentukan produk apa yang ingin dipasarkan. Yulia Home Bakery punya banyak produk, namun kali ini aku memilih donat sebagai produk yang akan dipasarkan.


Setelah memilih produk maka langkah selanjutnya adalah memilih kemasan yang digunakan untuk produk yang akan dipasarkan. Dalam hal kemasan aku belum konsisten, aku masib menggunakan mika atau karton untuk kotaknya. Aku berencana mencetak kotak karton seperti Donuts JC* yang kemasan mininya jika aku punya rezeki nanti.

Ada dua cara untuk memasarkan Donat YHB, yang pertama offline. Untuk Offline kami bekerja sama dengan Koperasi Bank Indonesia, juga cafe Maidani. Selain Offline tentu menggunakan cara Online dengan menggunakan Media Sosial. Selain medsos kami juga bekerja sama dengan transportasi online seperti Gojek dan Grab.

Untuk gender kami memilih laki-laki dan perempuan yang berusia antara 20 - 35 tahun. Dengan tingkat perekonomian menengah. Lokasi medan,mempunyai hobby makan. Dan mempunyai gedget dan sering online.

Adapun sosial media yang digunakan adalah facebook, fanpage, instagram, whatsapp, google bisnis dan youtube.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar