Minggu, 05 Januari 2020

Resep Mie Caluk

Selama saya tinggal di Kota Medan, saya tidak pernah makan lagi mie caluk yang sering saya coba di kota Lhokseumawe. Mie caluk biasa dijual orang Aceh Pidie yang tinggal di Lhokseumawe.
Mie caluk yang sering saya makan, cuma mie lidie yang rebus dan di tuang sambal aja, tapi enak sekali. Mienya yang saya ingat sangat lembut, karena dimasak cukup lama segingga mudah dimakan ga ada keras-kerasnya seperti yang saya makan di Medan.

Dan, karena rindu mie caluk saya mencoba masak mie caluk dengan bahan seadanya. Ada pun bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:
1. Mie lidi 500gr
2. Minyak makan 1 sdm
3. Kecap asin
4. Kecap manis
5. Udang/ayam dadu (saya tidak pakai)
6. Kol (saya tidak pakai)
7. Daun seledri dan daun bawang
8. Bawang bombay (optional)
9. Garam secukupnya

Bumbu halus:
1. Bawang merah 7 siung
2. Bawang putih 3  siung
3. Tomat 50 gr
4. Cabe merah 50 gr
5. Cabe kering (saya tidak pakai)
6. Kemiri 1 buah
7. Kacang (saya tidak pakai)

Adapun cara membuatnya
1. Rebus air hingga mendidih lalu masukkan mie lidie dan 1 sendok makan minyak goreng biar tidak lengket hingga lembut

2. Haluskan bumbu halus dan tumis hingga harum, masukkan air sedikit lalu masukkan tomat potong dadu, ayam atau udang, kecap asin dan juga kecap manis

3. Masukkan mie yang sudah ditiriskan,lalu masukkan daun seledri dan daun bawang

4. Dan terakhir masukkan garam dan mie siap dihidangkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar